Sunday, August 4, 2013

Pendidikan Agama Sejak Usia Dini

sejak usia 0-8 tahun, anak dikatakan dalam masa - masa emas (golden ages) dimana pada masa ini, mereka memiliki kemampuan yang sangat besar dalam menyerap segala rangsangan yang di berikan orang - orang terdekatnya dan lingkungannya

pada masa inilah, sebaiknya pendidikan agama pun mulai dikenalkan. agama sendiri merupakan landasan dasar seseorang. sedari dini, anak dikenalkan dari hal - hal yg sederhana terlebih dahulu, yaitu doa - doa sehari- hari, surah - surah pendek, tata cara mengambil air wudhu, pakaian atau busana untuk shalat&tata cara shalat.

jika anak telah terbiasa dengan rutinitas agama seperti itu dan tentunya didukung oleh bantuan serta pengawasan orang tua yang konsisten, in shaa allah anak pun menjadi anak yang didambakan para orang tua pada umumnya, yaitu yang selalu menjalankan perintah agama.

tempat pendidikan luar rumah seperti sekolah pun menjadi faktor yang sangat mendukung. dimana anak mendapatkan suatu pembiasaan tentang pendidikan agamanya bersama - sama teman sebayanya. pilihlah tempat pendidikan anak usia yang menawarkan dan menyediakan pendidikan agama yan baik.
di sekolah pun, dia mulai mengenal kompetensi serta acara-acara keagamaan bersama teman - teman sebayanya.

kekonsistenan dan kerjasama antar orang tua, sebagai seseorang yang paling dekat dengan anak, serta lingkungan rumahnya dengan sekolahnya dalan memberikan pendidikan tentunya akan menghasilkan gegenerasi muda yang islami.

No comments:

Post a Comment